Mengungkap Efek Samping Tretinoin yang Perlu Diketahui

Beberapa dari kita mengenal tretinoin dengan fungsi untuk obat jerawat dan anti aging. Bahan aktif dengan label obat keras ini merupakan salah satu golongan asam retinoat. Obat ini bekerja dengan cara mempercepat siklus regenerasi sel kulit, membantu membersihkan pori-pori, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. 

Sejalan dengan efek menggiurkan ke kulit, tretinoin bisa saja menimbulkan ketidakcocokkan ke penggunanya. Kulit kering dan kemerahan, sensitivitas kulit, kulit mengelupas, rasa terbakar dan perih, jerawat lebih parah, muncul bintik hitam atau putih, kulit iritasi.

Aku sendiri pernah menggunakan tretinoin 2x. Di kulit hasilnya bagus dan cepat terlihat. Sialnya, efek samping yang dialami berbeda. Aku mengalami iritasi di mata dan rongga mulut.


Itu adalah iritasi mata yang diakibatkan oleh tretinoin. Iritasi yang dirasakan berupa mata kering, perih, nyeri, seperti ada debu, dan sering mengeluarkan kotoran mata lunak/lendir. Selain iritasi mata, aku juga mengalami iritasi rongga mulut. Iritasi berupa radang sehingga sakit saat menelan, lidah pecah-pecah, papila ujung lidah seperti membengkak sehingga tercipta efek panas dan nyeri. 

Secara umum, jika kita terkena efek samping dari tretinoin hal yang harus dilakukan berupa pemakaian tabir surya setiap hari dan ingat untuk mengaplikasikan ulang, jauhkan pemakaian tretinoin dari area sensitif, mulai dari konsentrasi rendah, kurangi frekuensi pemakaian tretinoin. Namun dalam kasusku, aku harus berhenti untuk menggunakan tretinoin.

Efek samping yang mungkin terjadi setiap orang berbeda. Sebaiknya pakailah tretinoin sesuai petunjuk dokter spesialis. Jika memang tujuannya untuk anti penuaan, retinol saja cukup dibanding pemakaian obat keras ini. Jangan tergiur dengan review-review bagus influencer terkait kesuksesan mereka memakai tretinoin. Pesan saya, jangan lupa untuk selalu memprioritaskan keamanan dan kesehatan kulit dalam perawatan. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Morning Walk: Demi Kesehatan Fisik dan Mental