Mengungkap Efek Samping Tretinoin yang Perlu Diketahui

Gambar
Beberapa dari kita mengenal tretinoin dengan fungsi untuk obat jerawat dan anti aging. Bahan aktif dengan label obat keras ini merupakan salah satu golongan asam retinoat. Obat ini bekerja dengan cara mempercepat siklus regenerasi sel kulit, membantu membersihkan pori-pori, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.  Sejalan dengan efek menggiurkan ke kulit, tretinoin bisa saja menimbulkan ketidakcocokkan ke penggunanya. Kulit kering dan kemerahan, sensitivitas kulit, kulit mengelupas, rasa terbakar dan perih, jerawat lebih parah, muncul bintik hitam atau putih, kulit iritasi. Aku sendiri pernah menggunakan tretinoin 2x. Di kulit hasilnya bagus dan cepat terlihat. Sialnya, efek samping yang dialami berbeda. Aku mengalami iritasi di mata dan rongga mulut. Itu adalah iritasi mata yang diakibatkan oleh tretinoin. Iritasi yang dirasakan berupa mata kering, perih, nyeri, seperti ada debu, dan sering mengeluarkan kotoran mata lunak/lendir. Selain iritasi mata, aku juga mengalami iritasi rongga mulu

Morning Walk: Demi Kesehatan Fisik dan Mental

Morning Walk: Demi Kesehatan Fisik dan Mental


Pada zaman yang serba cepat, tuntutan pekerjaan, serta ketersediaan waktu bagi kaum mendang-mending mungkin agak sulit meluangkan waktu untuk berolahraga. Daripada untuk olahraga mending aku tidur. Daripada aku olahrga mending aku ngelarin kerjaan yang tertunda. Beberapa kalimat ini pasti sering terdengar sebagai alasan kaum mendang-mending saat ditanya kenapa tidak olahraga.

Salah satu jenis olahraga yang mudah dan fleksibel dilakukan untuk kaum pekerja kantor adalah jalan pagi. Effort yang diperlukan untuk olahraga ini adalah niat dan badan sehat. Melakukan jalan pagi secara rutin dan komitmen akan memberikan dampak baik bagi kesehatan mental dan fisik. Pada postingan ini, kita akan menjelajahi beberapa manfaat dari jalan pagi.




Memulai hari dengan jalan pagi akan meningkatkan mood serta energi. Gerakan fisik, paparan cahaya matahari pagi, serta variasi pemandangan yang ada di depan mata kita akan membantu dalam peningkatan peredaran darah, aliran oksigen, dan pelepasan endorfin. Hal ini berkontribusi pada peningkatan vitalitas dan kewaspadaan sepanjang hari. 
"Jalan pagi berkontribusi pada peningkatan vitalitas serta kewaspadaan sepanjang hari"

Gerakan berjalan secara langsung akan membantu dalam proses pembakaran kalori. Berjalan dengan kecepatan dan jarak tertentu akan membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme, serta mendorong pembakaran lemak. Tentu saja, kegiatan ini akan membantu untuk anda yang memiliki tujuan berat badan tertentu yang mana harus diimbangi dengan diet serta pola makan yang bagus.

 "Jalan pagi akan membantu anda dalam menjaga berat badan jika diimbangi dengan diet serta pola makan yang baik"

 Jalan pagi dengan cepat berkontribusi untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan komitmen jalan pagi setiap hari, anda akan mendapatkan manfaat jangka panjang bagi kesehatan jantung.

"Kesehatan jantung dapat dijaga dengan jalan pagi dengan kecepatan tertentu dan dilakukan secara rutin"

 Olahraga di luar ruangan saat pagi hari dapat membantu mengurangi stress, kecemasan, depresi, dan bisa meningkatkan mood. Anda bisa mencari jalur dengan pemandangan yang anda inginkan misalnya persawahan, perumahan, perkebunan yang mana mungkin saja bisa membantu untuk meningkatkan mood. 

"Jalan pagi dengan visual tertentu bisa bermanfaat untuk kesejahteraan mental"

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jalan pagi bisa meningkatkan aliran darah ke otak. Selain itu, jalan pagi ternyata memiliki manfaat lain seperti merangsang pertumbuhan sel-sel saraf baru. meningkatkan daya ingat, daya konsentrasi, serta kreativitas. Dengan manfaat seperti ini bisa disimpulkan bahwa jalan pagi mampu meningkatkan fungsi otak dan kognitif.

"Produktivitas dan ketajaman mental sepanjang hari dapat meningkat"

Jalan pagi mampu mengurangi efek osteoporosis dan kehilangan massa otot karena proses penuaan. Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut mampu menguatkan otot kaki, meningkatkan fleksibilitas sendi, serta meningkatkan kepadatan tulang secara keseluruhan.

"Memperkuat otot dan tulang sehingga mengurangi risiko osteoporosis"

Paparan cahaya matahari pagi berdampak pada pola tidur. Cahaya alami di pagi hari mampu membantu mengatur jam biologis tubuh atau biasa disebut ritme sirkadian. Tidur berkualitas pastinya akan memberikan dampak positif bagi tubuh dan aktivitias di hari selanjutnya.

"Kualitas tidur yang lebih baik karena cahaya matahari pagi" 

Membuat jalan pagi sebagai rutinitas sehari-hari pastinya akan memberikan dampak terhadap kesehatan. Manfaat yang didapatkan bisa beragam mulai dari peningkatan energi hingga kesehatan mental. Dengan manfaat yang telah disebutkan, segera ikat tali sepatu, keluar rumah, mari bersama jalan pagi dan hirup udara segar.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengungkap Efek Samping Tretinoin yang Perlu Diketahui